Kamis, 29 Desember 2011

PR yang (hampir) terbengkalai

Sebenarnya ibu sudah mengalami 2 kali kehamilan dan 2 kali persalinan. Hasil akhirnya aja yang berbeda. Yang pertama melahirkan Fauzan, yang kedua sudah di surga.
Sekarang ibu mau cerita saat kehamilan dan persalinan Fauzan aja ya ... soalnya yang kedua sudah pernah diposting.

Awal kehamilan saat usia pernikahan kami memasuki bulan ke-7. Kayak ada yang aneh aja di badan ibu. Inget banget waktu itu, hari Minggu ada acara pernikahan kerabat dari keluarga Bapak. Di dalam mobil, ibu cuma diem aja, merasa tidak enak badan. Ketemu para sepuh, sering banget di komentarin, "ah, ieu mah keur eusian, katingali .." (ah, ini sedang isi, keliatan kok). Lalu para sepuh memberi tahu tanda-tanda fisik perempuan yang sedang hamil. 

Pulang dari acara itu, disempatkan membeli test pack dan besok paginya keliatan deh hasilnya, 2 garis merah. Alhamdulillah, positif. Saat ingin memberitahu Mbah Kung & Mbak Ti-nya Fauzan, hiks ... Mbah Ti yang saat itu memang sudah mengidap stroke sedang muntah-muntah hebat. Perasaan ibu campur aduk, senang karena positif hamil tapi juga sedih melihat kondisi Mbah Ti-nya Fauzan. Saat itu juga Mbah Ti dibawa ke Rumah Sakit dan harus opname. 

Ibu yang sedang hamil muda, mau ngga mau menemani Mbah Ti di Rumah Sakit. Mau siapa lagi, Mbah Kung udah sepuh, saudara yang lain ngga mungkin, karena masih punya anak kecil. Beberapa tinggalnya di luar kota. Untungnya ada bapak yang menemani ibu.

Kalau di tanya ngidam, ibu ngidam kerupuk warna kuning yang biasanya di makan bareng asinan itu. Juga kedondong yang di jual di lampu merah. 
Kerupuk kuning akhirnya beli sendiri yang mentah, terus di gorengin sama temen di tempat kerja. Kedondong juga dapet sendiri pas mobil yang ibu tumpangi berhenti di lampu merah. Bapak sebenernya udah ngebeliin kedondong di tukang rujak, tapi ibu ngga mau, karena ngga sesuai dengan yang ada di bayangan ibu. Hehehe, maaf ya pak ...

Mual muntah juga ibu rasakan di trimester pertama. Apalagi saat pagi atau malam hari. Jadi kalau siang hari di banyakin deh porsi makannya.

Selama hamil itu, sampai usia kehamilan 7 bulan, ibu masih kerja. Kalau pagi naik motor bareng bapak, sore hari pulang naik angkot. 

Masih mengurus rumah sendiri, mengurus Mbah Ti yang sudah tidak bisa apa-apa. Kadang mengangkat badan Mbah Ti kalau mau ke kamar mandi atau kalau mau berjemur di teras rumah. Alhamdulillah baik-baik saja, meski ibu mengidap hipertensi.

Tapi sejak tahu ibu hamil, Mbah Kung & saudara-saudara ibu yang lain sudah mencari asisten. Buat bantu-bantu ibu kalau mengurus Mbah Ti.

Karena mengidap hipertensi itu, jadwal kontrol ke dokter harus lebih sering di banding perempuan hamil lainnya. Dan obat-obatan yang ibu minum juga lebih banyak. Menjaga supaya tensi tidak naik terlalu tinggi. (Ibu mengidap hipertensi bukan karena kehamilan, tapi memang sudah mempunyai penyakit itu sejak gadis).

Hipertensi juga nih yang bikin dokter bingung menentukan usia kandungan ibu. Karena ada selisih 4 minggu kalau dibandingkan antara terakhir haid dan berat si janin. Menurut hitung-hitungan sudah 12 minggu, tapi berat janin baru 8 minggu. Iya, biasanya janin dari ibu yang mengidap hipertensi beratnya memang ringan. Karena asupan makan & oksigen tidak lancar. Kata dokter waktu itu, plasentanya ibarat selang air yang kecil dan tersumbat, jadi ngga lancar alirannya.

Nah, tanggal 1 Desember 2004, ibu pamit sama Mbah Ti & Mbah Kung mau nginep di rumah kakak di kota, karena besoknya mau kontrol ke Rumah Sakit Al-Islam yang letaknya memang dekat dengan rumah kakak. Biar bisa pagi-pagi dan ngga cape. Ehhh, pas besok paginya ke RS, ternyata sang dokter praktek sore hari. Karena masih ada waktu, bapak ngajak ke Jatinangor ke rumah Nenek. Kebetulan adik ipar ibu yang bungsu mau menikah seminggu lagi.

Sore harinya, ibu nebeng sama kakak & adik ipar yang memang mau belanja keperluan menikah. Sementara bapak ngikutin naik motor. Ndelalah, mobilnya keterusan, repot lagi kalau mau muter. Ya udah, ibu balik arahnya jalan kaki sampai Rumah Sakit.

Setelah daftar, ibu langsung di panggil perawat untuk di ukur tekanan darahnya. Si perawat malah senyum-senyum sambil bilang, "langsung dikeluarin sekarang aja ya bu, tensinya tinggi nih." 
Tau ngga tensinya berapa ? 200/140 .. Pre-eklamsia ... wow .. Dokter yang saat itu datang juga langsung nyaranin buat operasi. Ibu sama bapak nurut aja deh, toh usia kehamilan sudah 39 minggu, meski berat janin masih kecil.

Dengan tensi segitu, ibu ngga pusing lho, sempet ditegur dokter aja karena ibu bolak balik jalan. Hehehe, harusnya duduk manis, ditakutkan ibu jatuh, malah eklamsia kan bahaya.

Masuk ruang perawatan, langsung ditempel alat disana sini. Menjaga supaya tensi darah stabil.  Masuk ruang operasi jam 11 malem. Yang ibu inget, waktu di ruang operasi, perawat tanya, "mau dipanggilin bapak ?", ibu malah bingung, "buat apa ?" hhihi .. dan memang pas bapak nyamperin, ibu malah bilang, "udahlah keluar aja." 
Hahaha, yang terbayang di otak ibu, cepet operasi, cepet liat bayinya, selesai.

Setelah di suntik anestesi, ibu disuruh baca Al Fatihah sama dokternya, belum selesai bacanya, ibu udah gak inget apa-apa. Karena memang ibu di anestesi total. Sadar udah di ruang perawatan, kok udah banyak orang ya di keliling. Ternyata ada nenek (Ibu mertua), kakak ipar, adik sepupu bapak, kakaknya ibu. Cuma sebentar sadarnya, udah pingsan lagi. Sempet ngerasa ada yang nyium kening ibu, tapi gak tau siapa. Ngakunya sih bapak yang mencium kening ibu ... masak sih ? qiqiqiq ..

Ngga tau jam berapa, pokoknya masih tengah  malam, ibu bener-bener sadar. Langsung manggil bapak & marah-marah. Soalnya ibu tidur ngga dikasih bantal, pusing kepala ibu. Padahal kata bapak, memang untuk sementara gak boleh pakai bantal dulu kata dokternya. Tapi ibu keukeuh, soalnya malah pusing & mual. Akhirnya mah di kasih bantal juga sama bapak.

Baru pagi harinya tuh ibu liat bayi mungil banget, beratnya hanya 1,825 gram, panjangnya kurang lebih 50 cm. Wajah Fauzan banyak ditumbuhi bulu-bulu tipis, kurus banget deh. Mbah Kung-nya sempat menjuluki bayi tuwek (bayi tua), hehe .. karena keriput. Lha gimana, berat cuma segitu. Alhamdulillah, pertumbuhan berat badannya bagus, setiap bulan naik 1 kg.

Luka operasi ibu juga cepet kering, ngga kerasa sakit. Beda banget dengan persalinan ke-2. Kondisi jiwa juga mempengaruhi. Persalinan pertama merasa bahagia, tapi persalinan ke-2 penuh haru.

O iya, Fauzan di Rumah Sakit selama 12 hari, padahal ibu cuma 5 hari. Jadi sejak hari ke-6, ibu bolak balik ke RS kalau siang, buat ngasih ASI. Kalau sore sibuk memerah ASI, yang langsung di anterin bapak ke RS. Selama Fauzan di RS, kalau malem ibu sering nangis, punya bayi tapi kok ngga keliatan. Baby blues juga kali ya ...

Fauzan sekarang yang kayak bola bekel, loncat sana, loncat sini.

Mama Ina, PR-nya udah dikerjain ya .... jangan di hukum lho, soalnya di kumpulinnya telat banget ... hehe

22 komentar :

  1. alhamdulillah ya bu.. akhirnya tumbuh sehat.. kasep deui..aaaah..

    BalasHapus
  2. Tapi sekarang Fauzan ganteng dan lincah deh Bu,,hehe

    BalasHapus
  3. Mom aku abru tau cerita persalinan fauzan....ternyata pre-eklamsia yachh.....tp untungnya ngga telat yach kontrol ke dokternya....Alhamdulillah skrang fauzan tumbuh menjadi anak yg cerdas, lincah dan sehat....

    terimakasih PRnya sdh dikerjakan....nilainya teutep 100...baca persalinan yg satunya lg ahh....

    BalasHapus
  4. terharu mba bacanya... ternyata perjuangan waktu hamil fauzan dl berat jg yah..? hehehe... skrg mah seneng lihat fauzan udah gede ganteng & pinter... tapi heran jg kok bisa2nya tensi 200/140 ga ngerasa pusing sm sekali yo? hihihi... aku aja dl pas lahiran raihan sempet tingi 120 itu aja dah ngliyeng...

    BalasHapus
  5. wah mengenang kembali masa kehamilan membahagiakan yah mbak..:) kapan nieh Aa fauzan mau ditambah adik :) *just kidding mbak..
    itu Aa fauzan yang sekarang keren pisan euyyyy..:) pake seragam hijau

    BalasHapus
  6. Wah..Bu..mengenang masa2 kehamilan..rasanya bahagia sekali pasti..duh..saya juga pengen cepet2 he..he..

    BalasHapus
  7. Walo lahir kecil, tapi syukurlah Fauzan tumbuh sehat da aktif ya mbak, ganten pulak, hehe

    BalasHapus
  8. 200/140 ya Bu? Tinggi banget ya, wajar aja langsung disuruh operasi segera ;) Syukurlah semuanya mudah dan lancar ;)

    Meski BB lahir kecil tapi Aa tetap sehat dan makin ganteng ya Bu ;) Bola bekel, emang Ibu pernah main? hehe...

    BalasHapus
  9. Biar Fauzan kaya bola bekel,tapi aku yakin Fauzan sayang kok sama Mama'a :)
    Soalnya perjuangan Mama'a,waktu mengandung sampai melahirkan begitu penuh perjuangan,dan semua itu hanya untuk bisa melihat Fauzan

    BalasHapus
  10. waahh..ceritanya mengharukan....
    yang penting sekarang sang bayi sudah beranjak besar dan lincah bergerak kesana kemari..
    hehehehe...

    BalasHapus
  11. hehehe... Aa Ujan kayak bola bekel nih kata Ibu... tuing tuing... hihihi...

    sama kayak aku jg Bu Dey... vania hampir ditinggal di RS krn kuning... tapi aku bawa pulang saja... dan bolak balik RS buat kontrol.. baby blues juga... sama... krn ASIku baru lancar setelah seminggu gitu.. ngerasa bukan Ibu yg baik krn nggak bisa segera kasih ASI waktu itu..

    Semoga sehat selalu ya Bu Dey.. ^_^

    BalasHapus
  12. rasanya sedih ya harus pulang lebih dulu dari bayinya.
    bun kerupuk kuning yg ada diasinan kalau disini namanya krupuk mie, aku suka banget tuh enak apalagi yg bantat

    BalasHapus
  13. kata orang, kalo lahir kecil gitu, entar besarnya bisa lebih cepet pertumbuhannya, jadi lebihi tnggai dari standarnya. yang penting fauzan dan sekeluarga sehat.

    BalasHapus
  14. walau kecil mungil, sekarang Fauzan udah sehat dan pinter kan

    semoga jadi anak sholeh dan berbakti

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah..
    lucu ya fauzan.
    semoga jadi anak yang berbakti sama orang tua,

    BalasHapus
  16. Proses persalinan Fauzan yang sangat membutuhkan perjuangan ya mba :)
    Fauzan udah jadi jagoan kini :D
    saya juga baru ngerjain PR yg sama nih hehe

    BalasHapus
  17. Wah sesar ya...
    Hm, aku penasaran tuh, gimana sih orang tua kok tahu kalo orang ini hamil, padahal kayaknya perutnya ga besar @_@

    BalasHapus
  18. Fauzan gayanya lincah sekali dan lucu ya...btw, alamatnya jgn lupa dikirim ya, mbak. Terima kasih.

    BalasHapus
  19. Allahu Akbar...tensinya tinggi banget bu? saya aja 150/100 aja udah ga bisa jalan alias pusing bangettt Alhamdulillah...semuanya berakhir dengan bahagia....semoga tetap sehat ya bu

    BalasHapus
  20. Wah menegangkan juga ya wanita2 yang punya hipertensi saat mengandung itu. 200/140 gak merasa pusing? Waw...

    Untungnya Fauzan sekarang tumbuh sehat ya mbak. :)

    BalasHapus
  21. Subhanallah ... melihat perbedaan bayi Fauzan dan yang sekarang ... tetap sehat dan lincah ya ... juga tambah pinter!!! :)

    BalasHapus
  22. Dey, ternyata kelahiran Fauzan perlu perjuangan ekstra...Alhamdulillah semua berjalan lancar, ibu dan bayinya juga sehat-sehat :)

    BalasHapus